PPK KECAMATAN JALANCAGAK

Kamis, 27 September 2012

Gubernur Serahkan DP4 kepada KPU Jabar 26 September 2012


Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih (DP4) kepada Komisi  Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar). Acara serah terima dokumen kependudukan yang dikemas ke dalam 5 mobil jenis colt box ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Achmad Heryawan, kepada Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat di halaman Gedung Sate,  Jl. Diponegoro Bandung, Rabu (26/9) petang, disaksikan oleh ratusan pejabat di lingkungan pemprov dan KPU Jabar serta Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Jabar dan Panwaslu kabupaten/kota.
Seusai serah terima, dokumen DP4 langsung dibawa ke Sekretariat KPU Jabar, Jl. Garut Bandung, serta diturunkan dari kendaraan untuk disimpan di salah satu ruangan kesekretariatan setempat. Menurut rencana, petang itu juga dokumen tersebut akan langsung diolah oleh pihak KPU Jabar dengan tujuan mempercepat proses penghitungan jumlah penduduk Jawa Barat untuk menetapkan DPS (Daftar Pemilih Sementara) dan DPT (Daftar Pemilih Tetap).
Sesaat sebelum penyerahan, Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan menjelaskan, diserahterimakannya DP4 menandakan pihak pemprov telah menjalankan tugasnya sesuai ketentuan perundang-undangan berlaku, yakni 5 bulan menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013 yang oleh KPU Jabar telah ditetapkan pada Minggu, 24 Pebruari 2013.
Lebih jauh Gubernur menerangkan DP4 sebagai hasil koordinasi dan kerjasama antara Pemprov Jabar dengan Dinas Kependudukan kabupaten/kota, datanya diambil Kartu Keluarga (KK) serta sangat menentukan untuk pelaksanaan tugas KPU Jabar dalam pembuatan Kartu Pemilih. Meski DP4 telah diserahkan, tidak menutup kemungkinan bakal terjadi pemanggilan untuk mencoblos kepada orang yang telah meninggal dunia, karena sebagian besar masyarakat tidak melaporkan bila anggota keluarga ada yang meninggal.
Terlepas dari masalah teknis pelaksanaan di lapangan, lanjut Gubernur, yang jelas Pilgub 2013 merupakan pesta demokrasi terbesar di Indonesia setelah Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, karena akan melibatkan masyarakat pemilih yang jumlahnya mencapai 36 juta orang, “Untuk demokrasi di provinsi ini, pemprov menyerahkan DP4 kepada KPU Jabar dan telah pula menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan untuk terselenggaranya Pilgub 2013 yang Luber (lancar, umum, bebas dan rahasia-red.) dan Jurdil (jujur dan adil-red.), bersih dan sukses”.
Pada upacara penyerahan yang berlangsung di aula barat Gedung Sate, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menilai, serahterima DP4 dari pemprov kepada komisi yang dipimpinnya itu adalah momentum sangat penting dan termasuk dalam tahapan penyelenggaraan Pilgub yang paling krusial. Jika tak ada DP4, maka tidak akan ada DPS dan DPT serta Pilgub akan urung dilaksanakan. Karenanya, tidaklah berlebihan jika ia menganggap pemprov telah menunjukkan kesungguhannya dalam membantu tugas KPU, serta sebagai dukungan yang luar biasa.
Kepada para ketua KPU dan Panwaslu kabupaten/kota serta seluruhstakeholder  yang hadir dalam acara tersebut , Yayat meminta dengan sangat agar tidak mencurigai DP4 yang diserahkan dari pemprov, karena diperoleh dari hasil pemutakhiran data kependudukan.  Untuk itu, hari ini juga KPU Jabar akan segera bekerja mengolah DP4 untuk menyusun DPT yang valid, dan berjanji akan melakukan supervisi ke berbagai kabupaten/kota, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara).
“Insya Allah, mulai hari ini DP4 akan kami olah. Sebab, selain berpotensi untuk menentukan DPS dan DPT, juga sebagai acuan penyusunan anggaran secara akurat,” ungkap Yayat sambil melanjutkan, penyerahan dokumen tersebut sebagai isyarat bahwa penyelenggaraan Pilgub 2013 akan berjalan sukses, dan akan menghasilkan pemenang atau pasangan gubernur terpilih, untuk dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018.  
(Media Center KPU Jabar)

0 komentar: