PPK KECAMATAN JALANCAGAK

Selasa, 02 Oktober 2012

Ketua KPU Jabar Membuka Resmi Pelatihan ODP


Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar), Yayat Hidayat, membuka resmi Rapat Kerja Operator Data Pemilih (ODP) bagi KPU kabupaten/kota untuk persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, di Hotel Grand Serela Jl. LRE. Martadinata Bandung, Senin (1/10) malam.
Selain perwakilan dari KPU kabupaten/kota, acara pembukaan tersebut dihadiri pula Komisioner Pokja Pemutakhiran Data Pemilih, Ferdiman, dan Iin Endah serta Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Humas Teppy Dharmawan, Kepala Bagian Program Data dan Sumber Daya Manusia Tonton Prihartono, dan para pejabat  KPU lain di Sekretariat KPU Jabar.
Sesaat sebelum membuka resmi, Yayat menerangkan, institusi ODP memiliki tempat dan peran sangat trategis dalam Pilgub 2013, karena menjadi sebuah fungsi mensuport data yang benar-benar diperlukan dalam dalam pillkada (pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah) di Jawa Barat kali ini. Untuk itu, ia mengharapkan data yang nanti diolah oleh ODP menjadi data yang berkualitas.
Kendati demikian, ia mengingatkan ODP dari KPU kabupaten/kota agar selalu waspada dan cermat dalam melaksanakan tugasnya, serta terhindar dari ekses negatif. Betapa tidak, Yayat memandang ODP merupakan peranan yang sangat gampang dipolitisasi oleh siapapun, dan memang saebagai instrumen untuk melontarkan pernyataan ketidakpuasan dari pihak pasangan calon.
“Contohnya kekisruhan dari hasil kerja ODP adalah di DKI Jakarta. Tapi itu akibat memang ODP-nya saya nilai sudah keluar pakem. Karenanya, dengan keinginan luhur, kita belajar dari kejadian pilkada DKI, supaya tidak terjadi dalam Pilgub 2013 di Jawa Barat. Marilah kita bersama-sama menghormati suara rakyat yang juga suara Tuhan, agar tak boleh satupun ada yang hilang. Tak boleh satupun ada yang terbuang,” ajak Yayat seraya mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya atas dedikasi dan tekad para utusan KPU kabupaten/kota, yang telah menunjukkan kesiapannya bekerja keras menyukseskan Pigub 2013.
Sebelumnya, Teppy Dharmawan menyebutkan, pelatihan ODP berlangsung selama 2 hari mulai 1 sampai 2 Oktober 2013 di Laboratorium Komputer Institut Teknologi Bandung. Pelatihan di perguruan tinggi negeri ternama ini dibagi dalam 2 tahapan,  yaitu selain diikuti oleh perwakilan KPU kabupaten/kota juga diperuntukan bagi ODP di KPU Jabar.
Dalam sambutannya, Teppy pun menjelaskan peserta pelatihan ODP di ITB merupakan perwakilan dari Pokja Pendaftaran Pemilih KPU kabupaten/kota. Iapun berterimakasih atas kehadiran mereka dalam acara pembukaan dan pelatihan pada Selasa (2/10), serta meminta agar mereka dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan hasilnya sebaik-baiknya di kabupaten/kota masing-masing. (MC/KPUJBR)

0 komentar: